Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tahapan Kartu Prakerja

Kartu Prakerja - Selamat buat para peserta kartu prakerja yang lolos pada gelombang 1 sampai gelombang 9. Buat yang belum lolos semoga lolos di Gelombang 10. Sambil menunggu pengumuman Gelombang 10 Kartu Prakerja silakan baca ini untuk Tahapan Kartu Prakerja. 


Tahap Pertama Kartu Prakerja :

Daftar dengan menggunakan Email di https://dashboard.prakerja.go.id/daftar kemudian verifikasi melalui link yang dirim via email yang sudah didaftarkan. Login dan lengkapi data seperti No HP,KTP dan KK.

pendaftaran kartu prakerja

Tahap Kedua :

Melakukan Tes Motivasi dan Kemampuan yang akan muncul setelah data dilengkapi. Untuk tes Motivasi dan Kemampuan prakerja tidak diketahui apakah salah satu faktor dari kelolosan penerimaan kartu prakerja atau tidak karena tidak ada info resminya.

Tahap Ketiga :

Setelah menyelesaikan tes Motivasi dan Kemampuan selanjutnya akan muncul Daftar Gelombang 
gabung gelombang prakerja
Pilih Gabung untuk mengikuti gelombang.

Tahap Keempat :

Pengumuman penerimaan Prakerja lolos atau tidak lolos bisa di cek di menu dasboard prakerja.
pengumuman prakerja
lolos prakerja
Untuk sebagian peserta tidak mendapatkan notifikasi sms kelolosan kartu prakerja, jadi sering-sering mengecek Dasboard prakerja jika sudah ada info pengumuman yang diumumkan melalui media sosial prakerja.

Tahap Kelima :

Jika lolos penerimaan kartu prakerja, akan diminta untuk sambungkan rekening/e-wallet bisa menggunakan Gopay Plus, OVO Premium, Link Aja, dan Bank BUMN. pendaftaran rekening/e-wallet untuk penerimaan insentif sebesar 600.000 selama 4 bulan dan insentif survey 50.000 sebanyak 3x setelah proses pelatihan selesan dan mendapatkan sertifikat.

insentif kartu prakerja
Tahap Keenam :

Setelah lolos penerimaan kartu prakerja dan menyambungkan rekening, segera membeli pelatihan yang sudah disediakan oleh prakerja. Jangan sampai lewat dari 30 hari untuk tidak membeli palatihan. Karena akan menyebabkan akun kalian dicabut dari program prakerja.

Untuk tahapan pembelian pelatihannya berikut gambaran singkatnya :
Pilih Mitra Pelatihan yang sudah disediakan.
mitra pelatihan
Contoh : Kalian beli di Tokopedia / Bukalapak pada saat pembayaran pilih menggunakan prakerja lalu ikuti perintah untuk konfirmasi.
Jika berhasil kalian akan mendapatkan kode Redeem Voucher. Cara menggunakannya hampir sama untuk semua kelas/lembaga yaitu pergi ke Web/Situs kelas yang sudah kalian pilih tadi kemudian daftar kan diri kalian setelah itu pilih menu prakerja / redeem voucher.


Jika berhasil maka akan diarahkan untuk proses pelatihannya sesuai dengan silubus / aturan yang sudah dibuat oleh masing-masing kelas.

Apabila sudah selesai untuk materinya ada yang wajib untuk mengikuti Webinar atau langsung Evaluasi academy untuk penilaian. Setelah itu baru sertifikat sobat akan dicetak. Namun sertifikat tersebut masih ditahap Lembaga/Kelas academy. Setelah Lembaga menyerahkan bukti Pelatihan selesai kepada Pihak Prakerja sertiffikat kalian baru akan di proses kurng lebih 2hari kerja oleh pihak prakerja.

Jika sudah muncul sertifikat di menu dasboard kalian bisa cek halaman insentif untuk mengetahui jadwal pembayaran yang akan kalian terima selama empat bulan. Selanjutnya akan ada pengisian survey dan akan mendapat insentif sebesar 50.000 jika sudah melakukan survey prakerja.

Seperti itu tahapan proses kartu prakerja, jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan silakan tinggalkan komentar atau bisa langsung dengan pihak prakerja melalui Instagram.

Posting Komentar untuk "Tahapan Kartu Prakerja"