Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Ampuh untuk Editing Foto Malam Hari

Tips Ampuh untuk Editing Foto Malam Hari  - Foto merupakan salah satu media yang kini cukup penting.  bukan hanya untuk pajangan tapi foto yang bagus bisa menjadi daya tarik dan menghasilkan pundi-pundi rupiah. Oleh karena itu kemampuan dalam fotografi dan juga proses editing sangat diperlukan agar sesuai dengan hasil yang diinginkan.

editing foto malam hari
Foto oleh Aleksandar Pasaric dari Pexels

Editing foto memang terbilang susah-susah gampang. Hal tersebut memang bukan hal yang mudah apalagi jika proses foto dilakukan pada malam hari. Kondisi yang minim cahaya terkadang membuat hasilnya kurang terang ataupun objek utama tidak terlalu mencolok.

Editing foto malam hari tentunya akan sangat menantang khususnya bagi para pemula. Kamu harus membawa manipulasi beberapa bagian misalnya pada Aperture, ISO, kecepatan Rana serta teknik lainnya.

Sekilas istilah-istilah tersebut terdengar bisa bagi para pemula namun bukan berarti hal tersebut menjadi penghalang jika ingin berkarya di dunia fotografi. Jika kamu sudah mempelajari dasar dasarnya maka kegiatan fotografi akan menjadi hal yang menyenangkan termasuk jika dilakukan pada malam hari.

Baca Juga : Istilah-istilah pada Fotografi

Tidak perlu takut ataupun khawatir saat melakukan eksperimen. Nantinya jika sudah terbiasa melalui beberapa tantangan dalam memotret malam hari maka Kamu akan puas dengan hasilnya. Berikut ini beberapa tips editing foto malam hari yang bisa kamu terapkan agar hasilnya lebih bagus:

  • Perhatikan Pengaturan Kamera

Tips yang pertama adalah mengatur mulai dari kamera. Misalnya pada ISO sebaiknya Kamu mengaturnya di angka yang rendah berfungsi sebagai suatu pendekatan praktis. Batas level ISO bisa anda tes dengan cara mengambil berapa bidikan dengan menggunakan uji rendah cahaya melalui pengaturan berbeda.

pengaturan exposure kamera


Sebaiknya kamu menggunakan kecepatan rana lebih lambat dan lubang lebih lebar. Untuk fotografi malam hari ISO 100 mungkin kurang praktis tetapi ISO 400 , 800 hingga 1600 cukup bermanfaat untuk berbagai situasi foto. Selanjutnya perhitungan perhitungkan bagaimana format foto.

Baca Juga : Memahami Segitiga Exposure

File gambar sebaiknya Kamu alihkan ke Raw pada menu kamera meskipun filenya akan membuat kartu memori cukup tersita namun setidaknya kualitas dapat dipertahankan pada setiap gambar. Selanjutnya akan lebih mudah yaitu dengan memperhatikan alihan file gambar Kamu  ke RAW di menu kamera.

  • Mainkan Gradasi Warna

Jika menggunakan aplikasi yang beredar contohnya terdapat beberapa metode editing foto malam hari agar bisa mencapai warna yang sesuai keinginan. Pada aplikasi adobe photoshop lightroom biasanya menggunakan white balance sehingga nuansa malam yang biru dan dingin dapat tercapai.

Poster vector created by macrovector - www.freepik.com


Jika dengan hal tersebut belum terpenuhi maka anda dapat menggunakan metode toning split meskipun metode ini dinilai beberapa orang membuat foto menjadi kurang natural. Akan tetapi setidaknya hal tersebut dapat membuat gambar bisa menjadi lebih baik.

Perangkat Hue Saturation Luminance (HSL) di Lightroom. Dapat membantu Kamu dalam menyelesaikan warna-warna individu ataupun saat membuat kontras lebih seimbang. Fitur tersebut dapat memperbaiki beberapa tampilan misalnya untuk warna kulit manusia.

Saturasi harus di atas dan secara jelas apalagi untuk foto yang berada di malam hari misalnya dengan cara mengatur warnanya ke arah biru. Saturasi mesti diatur secara jelas. Khusus untuk kasus foto di malam hari, mengatur warna ke arah biru bisa jadi pilihan yang tepat. Saturasi dapat dikurangi secara keseluruhan jika memang hasilnya terlihat jenuh. Cobalah untuk lebih berekspresi dengan berbagai macam pilihan foto yang diambil.

Pilihan yang cukup bagus misalnya Black and White. Jika anda belum puas dengan pengaturan kamera ataupun pengaturan warna pada aplikasi tersebut maka menjadikan foto hitam putih adalah alternatif yang tepat.

Kesan classic dramatis abadi dan juga misteri pada foto lihat dong dapat ditambahkan dengan metode yang satu ini.

contoh editing foto malam hari
Foto oleh Henry & Co. dari Pexels

Cara editing foto malam hari tersebut berlaku untuk semua media. Gunakan aplikasi untuk editor foto pada ponsel seperti Canva, VSCO, Snapseed dan lainnya. Untuk PC saya biasa menggunakan Lightroom atau Adobe Photoshop

Baca Juga : 7 Konsep Foto Menggunakan Kamera Smartphone

Itulah beberapa hal yang sulit pastikan dan tips editing foto malam hari yang bisa Kamu praktekkan. Segala sesuatu jika terus dieksplorasi, dipraktekkan dan dipelajari tentunya akan mendapatkan hasil yang memuaskan tentunya hal yang sama juga pada teknik fotografi. Meskipun mungkin sulit pada awalnya namun jika berusaha tentu bisa dikuasai.

Posting Komentar untuk "Tips Ampuh untuk Editing Foto Malam Hari"