Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Format Penulisan Email untuk Melamar Kerja

Format Penulisan Email untuk Melamar Kerja, hallo sobat jobseker, sudah berapa banyak kamu kirim email ke hrd untuk melamar kerja tapi tidak ada respon atau kelanjutannya? Kamu jangan menyerah ya, karena setiap usaha pasti ada hasilnya. 

format email lamaran kerja
Computer vector created by pch.vector - www.freepik.com

Nah buat kamu yang masih berusaha melamar kerja via email atau online. Tidak ada salahnya untuk perhatikan tulisan ini tentang penulisan email untuk melamar kerja. 

format penulisan email untuk melamar kerja
Contoh Format Penulisan Email
Dari gambar di atas mari kita bahas lebih lanjut agar bisa dimengerti.

Email Tujuan dan CC

Kepada atau To merupakan kolom untuk mengisi email tujuan. Biasanya saya selalu mengisi email tujuan paling akhir setelah semua penulisan dan upload file sudah diperiksa. Untuk email tujuan ini kamu jangan sampai salah menulis alamat emailnya.

Jangan mengisi email tujuan lebih dari 1 alamat email apalagi kamu mengirim email sekaligus untuk ke beberapa perusahaan, sangat tidak diperbolehkan. Cukup diisi 1 alamat tujuan.

Apabila perusahaan tersebut melampirkan beberapa email. Kamu bisa lihat dari emailnya biasanya untuk HRD kamu isi di Tujuan lalu kamu isi email lainnya di CC / BCC.

Baca Juga : Tips Cari Kerja Online Untuk Fresh Graduate/

Subjek

Kamu juga harus mengisi subjek yang tepat agar email kamu mudah diproses oleh HRD. Biasanya hrd sudah melampirkan format subjek yang harus diisi oleh pelamar. Jika tidak ada informasi mengenai subjek, kamu bisa isi subjek dengan Posisi yang kamu Lamar.

Contohnya : Admin, IT Support, Staff Gudang. Kamu juga bisa tambahkan Lamaran di subjek menjadi Lamaran Admin, Lamaran IT Support dll.

Bodi Email

Isi dari email kamu yang membuat HRD dapat secara singkat mengerti tentang kamu sebelum melihat berkas kamu lebih lanjut.

Tujuan

Perlu diperhatikan juga untuk isi dari email lamaran kerja. Dapat dilihat pada gambar diatas kamu harus secara jelas menulis informasi email kamu tujukan kepada siapa.

Kamu bisa menulis Kepada Yth, Bapak / Ibu (Nama atau Jabatan), PT (nama perusahaan), di tempat seperti contoh diatas.

Pembuka

Kamu bisa menulis pembuka seperti informasi yang kamu dapat mengenai posisi yang kamu lamar. Seperti pada gambar diatas dan menuliskan posisi yang kamu lamar.

Data Diri

Setelah itu kamu juga bisa menulis secara singkat mengenai informasi data diri secara singkat dan jelas agar hrd dapat mengetahui profil kamu sebelum mengunduh file lamaran kerja kamu.

Penutup

Kamu bisa menulis penutup dengan pengalaman atau motifasi agar dapat menjadi pertimbangan hrd untuk melihat lebih detail File lamaran kerja kamu. Jangan lupa beri salam Terima Kasih atau lainnya.

Upload Lampiran

Jangan lupa, setelah menulis format email seperti diatas. Upload CV kamu di email selengkapnya silakan baca artikel : Cara Melamar Kerja Via Email . Kamu juga perlu membuat CV kamu menjadi lebih menarik untuk di lihat oleh hrd.

Langkah selanjutnya kamu tinggal menunggu balasan email dari HRD atau perusahaan tempat kamu melamar.

Perlu kamu perhatikan setiap perusahaan mempunyai aturan dan kebijakan masing-masing. So, kamu perlu banyak informasi mengenai cara melamar kerja serta penulisan email dari berbagai sumber lainnya.

Jangan hanya terpaku dengan format yang sudah ada. Kamu bisa lebih berkreasi namun tetap pada etika dan format penulisan email untuk melamar kerja agar kamu menjadi kandidat yang terpilih dari pelamar lainnya.

Posting Komentar untuk "Format Penulisan Email untuk Melamar Kerja"