Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Konsultan ISO 9001 Peran Konsultan ISO Dalam Membantu Organisasi

Konsultan ISO 9001 memastikan sistem manajemen mutu (SMM) ISO 9001 Oleh karena itu berjalan dengan baik dan sesuai dengan persyaratan ISO 9001.

International Organization For Standardization (IOS) adalah badan standarisasi internasional yang menangani masalah standarisasi untuk  barang, jasa dan sistem ( termasuk Sistem Manajemen Mutu ). Yaitu federansi badan-badan standarisasi nasional dari seluruh dunia berdiri pada tahun 1947 berkedudukan pada Jenawa, Swiss.

Bertujuan untuk mendorong pengembangan standarisasi dan kegiatan-kegiatan yang terkait serta meningkatkan kerja sama bidang intelektual, IPTEK dan kegiatan Ekonomi.

PENGERTIAN ISO 9001

pengertian iso 9001

ISO 9001 merupakan sistem manajemen yang berorientasi pada standar manajemen mutu serta pelayanan pada konsumen. Oleh karena itu ISO 9001 merupakan Standardisasi yang penerapan mutunya yang akui secara Internasional. ISO 9001 berdiri oleh International Organization for Standardization (ISO) pada tahun 1986, yang kemudian sampai saat ini ISO 9001 telah mengalami perubahan sebanyak dua kali yaitu minor (1994:2008) dan major (2000:2015).

PENGEMBANGAN SISTEM MANAJEMEN MUTU

Sama seperti kehidupan sehari-hari, kehidupan dalam dunia bisnis juga selalu mengalami perubahan mengikuti perkembangan zaman. Sehingga tantangan yang hadapi dalam dunia bisnis pun berubah ubah. Hal ini lah yang juga menjadikan sistem manajemen mutu pada suatu perusahaan terpengaruh sehingga juga harus sesuaikan dengan kondisi terbaru.

Sehingga ISO 9001:2008, Sistem Manajemen Mutu perlu revisi dan tambahkan dengan persyaratan baru dengan tujuan untuk menyempurnakan sistem manajemen mutu yang telah ada menjadi versi baru yaitu ISO 9001:2015. ISO 9001 meng-upgrade versi terbaru nya pada tangal 23 September 2015, perubahan ini cukup signifikan dengan adanya penambahan klausul yang sebelumnya pada ISO 9001:2008 hanya memiliki 8 klausul, menjadi 10 klausul pada ISO 9001:2015.

PENTINGNYA PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU

ISO 9001:2015 merupakan sistem manajemen dasar untuk perusahaan, hal ini dapat gunakan sebagai pondasi utama dalam upaya meningkatkan kinerja perusahaan

Pondasi yang kuat dapat ciptakan dengan adanya sistem manajemen yang baik sehingga akan menghasilkan usaha atau bisnis yang baik. ISO 9001:2015, Sistem Manajemen Mutu mengaitkan semua pihak yang ada dalam perusahaan dalam mencapai tujuan perusahaan.

Penerapan ISO 9001:2015, Sistem Manajemen Mutu penting diterapkan pada suatu perusahaan. Penerapan ISO 9001:2015 dapat membantu perusahaan dalam melakukan pengukuran kinerja perusahaan apakah sudah optimal atau belum.

Tidak hanya itu dengan adanya penerapan ISO 9001:2015 dapat mempermudah perusahaan dalam hal continuous improvement, sehingga perusahaan akan tetap survive ditengah tingkat persaingan yang semakin tinggi.

TAHAPAN KEGIATAN JASA KONSULTASI 9001

Penggunaan jasa konsultasi yang tepat memiliki banyak manfaat, selain itu jasa konsultan ISO 9001 akan membantu perusahaan mulai dari tahap awal hingga selesai. Tahapan proses tersebut bagi menjadi beberapa tahapan, yaitu:

  1. Tahap Persiapan
  2. Pelaksanaan
  3. Tahap Penyerahan Laporan

Jasa Konsultan 9001 akan memperinci kegiatan yang akan laksanakan. Selain itu, konsultan akan menjalankan tugasnya dengan arahan dari pengelola kegiatan secara tersurat supaya fungsi serta tanggung jawabnya berjalan dengan lancar, sehingga dapat menghasilkan manfaat sesuai dengan yang harapkan.

MANFAAT PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU

  1. Meningkatkan kepercayaan konsumen, sehingga terbukannya kesempatan untuk masuk ke pasar baru.
  2. Meningkatnya kepuasan pelanggan, karena ISO 9001 berorientasi pada pelayanan konsumen.
  3. Perusahaan sudah terdaftar pada Lembaga Sertifikasi, sehingga akan dilakukan audit secara berkala.
  4. Dapat meminimalkan kesalahan yang mungkin akan terjadi, karena menjadikan ISO 9001 sebagai pedoman kerja.
  5. Terciptanya budaya kerja yang lebih baik, karena perusahaan akan termotivasi untuk selalu melakukan serta memberikan yang terbaik untuk berbagai pihak.
  6. Penerapan ISO 9001 dapat meningkatkan citra perusahaan, karena standar mutu tersertifikasi secara internasional sehingga dapat meningkatkan daya saing perusahaan.

HASIL PENCAPAIAN PROGRAM KONSULTASI ISO 9001:2015

Penerapan ISO 9001:2015, Sistem Manajemen Mutu terapkan dalam rangka meningkatkan keterampulan, pengetahuan serta sikap karyawan maupun atasan perusahaan dalam menjalankan fungsi serta perannya sesuai dengan pedoman sistem manajemen mutu untuk memastikan apakah kebijakan, persyaratan serta prosedur pelaksanaannya konsisten dan sesuai dengan yang tetapkan dalam ISO 9001:2015, Sistem Manajemen Mutu.

Keberhasilan dalam pencapaian program konsultasi ISO 9001:2015, salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas sistem manajemen mutu suatu perusahaan dengan melihat kualitas dari pelayanan yang berikan.

Hal ini dapat lihat dengan adanya survey kepuasan dari konsumen maupun dari stakeholder perusahaan. Selain itu kepuasan konsumen serta stakeholder dapat jadikan bahan penilaian terhadap pelayanan yang perlu perbaiki dan dapat jadikan sebagai acuan dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan yang semakin baik lagi.

Memberikan masukan dan saran kepada Organisasi

Dengan keahlian mereka, konsultan ISO dapat membantu organisasi dalam mengarahkan SMM yang sedang dikembangkan, mereka akan memberikan masukan dan arahan dalam membuat kebijakan mutu, Sasaran mutu, rencana mutu, Prosedur Mutu, dll  yang akan bisa meningkatkan efesiensi dan efektifitas ISO 9001 di Organisasi, apabila ada kebijakan, sasaran atau rencana mutu yang kurang sesuai, konsultan ISO 9001 dapat memberikan masukan.

Meningkatkan Pemahaman Organisasi Mengenai ISO 9001

Organisasi atau perusahaan harus memahami dan mengerti Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 dengan baik sebelum menerapkannya, sinilah peran dari konsultan ISO 9001 perlukan, dengan keahlian dan ketrampilan yang mereka miliki, mereka dapat membantu organisasi dalam meningkatkan pemeahaman dan pengetahuan mengenai Sistem Manajemen yang sedang bangun.

Oleh sebab itu carilah artikel konsultan ISO 9001 yang bagus dan berkualitas karena Sistem Manajemen ISO menerapkan pengertian Sistem Manajemen iru sendiri.

Posting Komentar untuk "Konsultan ISO 9001 Peran Konsultan ISO Dalam Membantu Organisasi"