Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Kerja Scam SMS Penipuan Giveaway

Cara Kerja Scam SMS Penipuan Giveaway, mungkin hampir semua nomor handphone pernah mendapatkan SMS Giveaway atau pun hadiah-hadiah lainnya. Walaupun SMS hadiah tersebut sudah terdeteksi sebagai Spam tetap saja kadang mengganggu kita.

Pada kesempatan kali ini kebetulan mimin sedang gabut lalu mendapatkan SMS Giveaway dari MS Glow 2021 sebanyak 150 juta rupiah ya udah langsung aja dah ditelusurin tuh SMS buat bikin postingan Cara Kerja Scam SMS Giveaway.

Sebelumnya juga beredar SMS Giveaway mengatasnamakan artis Baim Wong yang sedang tenar, namun alhadulillah polisi berhasil menangkap sindikat tersebut.

Untuk cara kerja Scam tersebut memang ada banyak modusnya mimin disini mau coba menjabarkan cara kerja Scam SMS Giveaway. Yuk disimak :

Cara Kerja SCAM Penipuan SMS Giveaway

Cara Kerja SMS Penipuan

Korban mendapatkan SMS Giveaway, isi SMS tersebut kurang lebih seperti gambar diatas. Korban diarahkan untuk WA ke nomor tertera atau membuka link yang diberikan.

Sampai sini kita coba bedah isi dari SMS nya.

Pembahasan isi SMS Penipuan Giveaway :

Kode ID bisa diabaikan dulu nanti akan dijelaskan pada gambar berikutnya.

No WA yang terdapat pada isi SMS akan selalu berbeda dengan no pengirim SMS, ini dikarenakan oknum tersebut menggunakan SMS blast sehingga nomor pengirim akan selalu berbeda-beda.

Link website pada isi SMS hadiah, perhatikan link sms tersebut. bit.ly merupakan sebuat layanan untuk mempersingkat sebuah link. Contoh penipuanbodoh.blogspot.com/2021-09/penipuan ketika di short menggunakan bit.ly akan menjadi bit.ly/Ugbsx atau menjadi bit.ly/ms-glow2021 seperti digambar.

Sekarang saya akan coba mengklik link tersebut dan hasilnya benar saja link tersebut menggunakan short url seperti gambar berikut :

cara kerja scam sms penipuan giveaway

Pembahasan Website dari SMS Penipuan Giveaway :

Bisa kita lihat url dari sms ketika di klik akan mengarahkan ke link aslinya yang mana sangat jelas website penipuan tersebut menggunakan domain dari blogspot.

Blogspot sendiri merupakan portal gratis yang digunakan untuk para blogger membuat website seperti website saya ini yang basicnya menggunakan blogspot.

Untuk isi websitenya sendiri bisa kita lihat banyak sekali gambar-gambar untuk menipu para korbannya. jika kita scroll ke bawah lagi akan menampilkan komentar komentar seolah-olah itu merupakan komentar para pemenang padahal itu merupakan hasil rekayasa menggunakan fitur dari blogspot

cara kerja scam sms penipuan giveaway

Oke lanjut kita bahas mengenai kolom untuk isi No PIN pemenang seperti gambar berikut :

cara kerja scam sms penipuan giveaway

Sebelumnya korban menerima SMS undian berhadiah yang menginformasikan PIN undian dan link untuk memasukan pin tersebut. Nyatanya kolom tersebut bukan lah untuk memasukan PIN.

Mari kita bedah kolom input PIN hadian sms giveaway. 

cara kerja scam sms penipuan giveaway

Pada gambar diatas ketika kita inspect element (klik kanan inspect / CTRL+Shift+i) maka akan tampil source code untuk kolom masukan pin pemenang anda yang dimana kolom tersebut merupakan username.

cara kerja scam sms penipuan giveaway

Lalu kolom kedua merupakan password.

cara kerja scam sms penipuan giveaway

Dan kolom Verifikasi merupakan kolom eksekusi untuk mengirimkan username dan password korban ke pelaku scammer ini.

Saat user input PIN akan tampil notifikasi seperti berikut :

cara kerja scam sms penipuan giveaway

Tombol Verifikasi tersebut sebenarnya untuk mengirimkan data username dan password korban. akan selalu muncul notifikasi diatas, bahkan ketika korban sudah mengisi user fb/gmail ataupun user yang diminta pelaku untuk diinput dikolom tersebut.

Kesimpukan Cara kerja Scam SMS

Dari hasil penelusuran diatas banyak sekali kemungkinan modus modus yang akan dilakukan. Versi mimin seperti berikut :

  1. Korban input PIN kemudian melakukan verifikasi dan muncul notif error.
  2. Lalu korban penasaran dan menghubungi no WA yang tertera di SMS
  3. Pelaku mengarahkan korban untuk mengisi no PIN tersebut menggunakan Username dan Password akun yang akan  di Scam oleh pelaku (contoh : Gmail/Facebook/Instagram/ dll)
  4. Ketika Korban mengisi kolom PIN tersebut dengan akun FB atau lainnya pada saat klik verifikasi maka pelaku mendapatkan data Username dan Password Korban yang kemudian akan di hack atau disalahgunakan.

Kurang lebihnya seperti itu Cara Kerja Scam SMS Giveaway yang mengatasnamakan perusahaan ataupun perorangan. So, waspada terhadap SMS penipuan semacam itu. Terutama pada orang tua yang kurang mengerti mengenai teknologi.

Semoga dengan postingan Cara kerja Scam SMS Giveaway berikut dapat membantu temen-temen semua dan bisa mengedukasi kepada keluarga dan orang terdekat teman-teman.

Tonton videonya disini : 

Posting Komentar untuk "Begini Cara Kerja Scam SMS Penipuan Giveaway"