Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengirim Preset Lightroom ke HP Lain dengan Cepat, Coba Sekarang!

Cara Mengirim Preset Lightroom ke HP Lain, Mengedit dan mengatur ulang preset membutuhkan banyak waktu, ada cara mengirim preset lightroom ke HP lain yang bisa kamu coba. Meskipun tidak tersedia fitur pengiriman preset secara langsung di aplikasinya, namun kamu tetap bisa mengirimkannya dengan menggunakan file data.

cara mengirim preset lightroom ke hp lain

Caranya memang agak rumit, namun bukan berarti tidak bisa dilakukan. Dengan mengikuti panduan berikut, mengirimkan preset ke HP lain bisa dilakukan tanpa perlu editing preset manual.

Trik Mengirim Preset Lightroom ke HP Lain

1. Buat Preset

Sebelum mengirimkan setting preset, buat preset terlebih dahulu. Ada banyak setelan dan gaya preset yang bisa ditemukan di internet, kamu bisa mencoba salah satunya. Jangan ragu pula membuat setting preset sendiri, ini akan meningkatkan skill editing fotografi secara tidak langsung.

2. Eksport ke HP

Setelah selesai membuat setting preset, cara copy setting lightroom preset setelahnya adalah melakukan eksport. Eksport dilakukan dengan mengubah setting preset menjadi file dengan format .xmp. File tersebut berisi meta data setelan pengaturan preset yang sudah kamu buat sebelumnya.

Untuk melakukan eksport, kamu bisa mengikuti langkah tutorial berikut ini, yakni:

  • Masuk ke tab preset yang ada di lightroom.
  • Klik pengaturan yang ada di sebelah kanan halaman, pilih simbol tiga titik.
  • Pilih menu buat preset, isi nama preset dan sesuaikan isinya sesuai dengan preset yang sudah kamu buat.
  • Klik tanda centang pada pojok kanan, setting akan langsung tersimpan.
Kamu juga bisa mengecek apakah file preset tersebut sudah tersimpan. Untuk mengeceknya, kamu bisa membuka menu preset, kemudian pilih sub menu warna. Di bawahnya akan muncul sub menu dari nama preset yang sudah dibuat sebelumnya.

3. Akses Data Preset ke File Manager

Setelah mengetahui cara save preset lightroom, langkah berikutnya adalah mengirimkan setting preset dalam bentuk file tersebut. Langkah dan tutorialnya bisa kamu ikuti cara cara berikut ini.

  • Buka file manager, kemudian pilih menu Android, lanjutkan memilih opsi Data.
  • Pilih file com.adobe.lrmobile, kemudian pilih files yang ada di dalamnya.
  • Lanjutkan dengan memilih file carouselDocument, ini tempat kamu menyimpan data file preset sebelumnya.
  • Temukan file dengan nama 00000000 kemudian buka, pilih file Profiles.
  • Anda akan menemukan file Settings di dalamnya, buka dan temukan file UserStyles.
Akan ada file nama preset yang sudah kamu buat, namanya acak, jadi pastikan Anda membuat satu setting preset dalam satu waktu.

4. Kirimkan File

Setelah menemukan file tersebut, kamu cukup mengirimkan file ke HP lain. Nama filenya memang acak dan usahakan tidak mengganti nama tersebut karena bisa berpengaruh ke setting. Kamu bisa mengirimkan via WA, Bluetooth maupun Shareit.

Pemasangan Preset di HP Lain

File setting preset yang sudah diterima siap untuk digunakan, cara export preset lightroom mobile ke HP lain tidak sulit, berikut panduannya.

  1. Buka folder, kamu bisa langsung menemukannya di folder Bluetooth pada File Manager.
  2. Pindahkan atau salin file tersebut di UserStyles, posisi yang sama ketika pihak pengirim mengirimkan file kepada pihak penerima.
  3. Setelah dipindahkan, buka aplikasi, maka setting preset sudah siap untuk digunakan.
Mudah bukan cara mengirim preset lightroom ke HP lain? Caranya memang cukup panjang, namun pihak yang menerima setting tidak perlu repot untuk mengatur ulang. Kamu juga bisa memanfaatkan pengiriman setting preset ini sebagai ladang bisnis, apalagi jika hasil preset yang digunakan cocok untuk fotografi.

Posting Komentar untuk "Cara Mengirim Preset Lightroom ke HP Lain dengan Cepat, Coba Sekarang!"