Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahas Video Short Youtube agar bisa Monetisasi

Video Short Youtube, Youtube short merupakan fitur yang diluncurkan oleh youtube yang mirip-mirip dengan reels instagram dan masih dalam tahap beta atau uji coba. 

bahas video short youtube agar bisa monetisasi
logo short youtube

Jadi Youtube Short adalah cara baru untuk terhubung dengan penonton baru melalui smartphone dan kamera short yang ada diaplikasi youtube. Aplikasi pembuat short video dari youtube dapat digunakan dengan mudah dengan pilihan durasi singkat sampai 60 detik.

Membuat Video Short Youtube

Untuk membuat Shot Video Youtube sangatlah mudah, bisa langsung mengupload video melalui aplikasi Youtube yang ada di smartphone kalian.

Caranya kalian buka aplikasi youtube kemudian pilih Create yang bertanda plus dengan lingkaran kemudian pilih Create a Short (Beta).

Membuat Video Short Youtube

Setelah itu kalian bisa mengambil video melalui kamera smartphone dan memilih durasi video 15 detik atau 60 detik. Selanjutnya kalian tinggal mengedit video dengan menambahkan musik atau text agar menjadi lebih menarik.

Kalian juga bisa langsung mengupload video yang sudah ada atau yang sebelumnya kalian buat menggunakan aplikasi lain dengan memilih galeri.

Kalian juga bisa mengupload video dan menggunakan sound yang sedang kalian lihat seperti berikut :

Membuat Video Short Youtube
Pilih sound di pojok kanan bawah
Membuat Video Short Youtube
Use This Sound
Lalu kalian tambahkan video. Setelah itu kalian isikan judul yang menarik dan pilih pembatasan video kemudian upload.

Cara Video Short Youtube muncul di Beranda

Setelah mengupload video short dari smartphone, kalian perlu menambahkan tag dan pengaturan lanjutan agar video short youtube kalian mendapatkan banyak view dan muncul di beranda short.

Kalian download aplikasi YT Studio yang terdapat di playstore. Jika YT Studio sudah terhubung dengan akun youtube kalian. Kalian bisa ke menu Content lalu pilih Short kemudian klik video yang akan di tambahkan tag atau keyword dengan touch icon pencil.

Cara Video Short Youtube muncul di Beranda
Pilih Konten lalu Video yang akan diedit
Cara Video Short Youtube muncul di Beranda
Pilih Icon Pencil

Pada menu edit video kalian isi desription singkat. Lalu buat playlist khusus untuk video-video short kalian agar nantinya penonton dapat dengan mudah melihat video short kalian yang lain.

Cara Video Short Youtube muncul di Beranda
Tambahkan tag dan playlist

Kemudian pada more options kalian tambahkan add tag sesuai dengan konten video dan keyword tambahan agar dapat meningkatkan pencarian youtube maupun google.

Cara Mendapatkan Uang dari Youtube Short

Cara Mendapatkan Uang dari Youtube Short, Bagian ini mungkin yang membuat kalian penasaran atau mencari-cari kebenaran dari menghasilkan uang dari video short youtube.

Jika melihat pedoman youtube, saat ini kreator video short youtube tidak berbagi penghasilan melalui iklan yang diputar di video short. Namun youtube membuat pendanaan Youtube Short sebesar $100 juta untuk kepada kreator yang membangun masa depan Short Youtube.

Dari sini bisa kita simpulkan bahwa youtube akan memberikan bonus komisi atau reward atas video short yang sudah kalian buat. Tentunya untuk mendapatkan komisi tersebut ada syarat dan peraturan yang harus ditaati.

Syarat untuk mendapatkan bonus pendanaan youtube :

  • Setidaknya mengupload video short dalam 180 hari terakhir
  • Upload video tanpa watermark atau logo dari platform lain
  • Berusia 13 tahun keatas
  • Selengkapnya Pendanaan Youtube Short

Saat ini pun Youtube tidak bisa memastikan berapa komisi yang akan didapatkan dari short video karena setiap daerah akan berbeda-beda.

Namun youtube menegaskan channel yang memenuhi syarat akan mendapatkan $100-$10.000 setiap bulannya yang disesuaikan dengan lokasi audiens kreator.

Apa yang harus dilakukan agar mendapatkan Bonus Short Video ?

Kalian hanya perlu fokus untuk membuat konten short video yang menarik agar mendapatkan banyak view dan like. Perlu diperhatikan juga pedoman syarat dan ketentuan agar video memenuhi kriteria tsb.

Kalian juga bisa mempelajari Analisa penonton melalui aplikasi YT Studio agar dapat melihat konten-konten mana saja yang berpotensi mendapatkan banyak view dan like.

Segitu dulu yang bisa mimin bagikan. Akan mimin buat postingan selanjutnya mengenai penghasilan dari video short apabila mimin sendiri sudah mendapatkannya dan melihat dari berbagai sumber.

Posting Komentar untuk "Bahas Video Short Youtube agar bisa Monetisasi"