Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Rekomendasi Makanan Ikan Cupang Hias

Catatan Sopandi, dimasa pandemi ini dalam beberapa bulan kebelakang sebagian orang memilih untuk tetap bekerja dari rumah. 

Dimasa sulit ini sebagian dari kita terkena dampak pandemi sehingga harus memutar otak untuk dapat terus bertahan. Karena itu dalam beberapa bulan ini muncul beberapa trend hobi yang menjadi alternatif untuk kegiatan dirumah.

Salah satunya hobi melihara ikan cupang bahkan mulai banyak yang mencoba untuk mengembangbiakan ikan cupang hias dari berbagai macam jenis yang sudah ada.

Ikan cupang menjadi daya tarik sendiri untuk mendapatkan penghasilan tambahan membudidayaan cupang hias. Mulai dari harga ribuan hingga jutaan tergantug jenis ikan yang dikembangbiakan dan permintaan pasar.

ikan cupang halfmoon super red
Halfmoon Super Red

Buat kalian yang saat ini mencoba untuk budidaya cupang hias. Agar ikan cupang hias kalian tumbuh sehat, bergizi dan berwarna indah, maka perlu perawatan extra dengan menjaga kondisi air penampungan ikan cupang hias.

Yang lebih penting perhatikan pemberian pakan atau makanan ikan cupang hias kalian.

Berikut ini 3 Rekomendasi Makanan Ikan Cupang

Pakan ini sudah banyak di aplikasikan oleh para peternak ikan cupang. Jadi tidak perlu diragukan lagi.

1. Kutu Air

Kutu air adalah sbutan untuk awam bagi sejumlah krustasea kecil penghuni air (wikipedia). Kutu Air bukan serangga dan tidak hidup sebagai parasit seperti kutu yang hidup diluar air.

Kutu Air umumnya digunakan untuk makanan ikan cupang burayak, namun bagus juga untuk makanan ikan cupang hias remaja. Kutu Air dipercaya mampu membuat warna ikan cupang hias semakin indah.

Kandungan lemak yang terdapat pada kutu air  sangat rendah, sehingga perlu dikombinasikan makanan lainnya untuk cupang hias dewasa.
Kutu Air makanan burayak ikan cupang
Kutu Air

Bisa didapat di genangan air limbah rumah tangga ataupun kultur sendiri.

2. Jentik Nyamuk

Jentik Nyamuk merupakan tahap larva menjadi nyamuk. Jentik nyamuk umumnya digunakan untuk makanan ikan cupang hias remaja. Jentik nyamuk menghasilkan pertumbuhan yang paling tinggi dikarenakan kandungan nutrisinya yang tinggi.
manfaat jentik nyamuk untuk cupang
Jentik Nyamuk

Jentik nyamuk sendiri bisa didapat dari tempat penampungan air yang tidak digunakan berhari-hari. Atau bisa kultur menggunakan ember diisi dengan air cucian beras. Namun perlu diperhatikan hati-hati terhadap jentik nyamuk yang berkembang biak di air bersih karena mengundang nyamuk aedes aegypti.

3. Artemia

Artemia merupakan pakan atau makanan alami esensial untuk larva ikan dan udang. Artemia salah satu pakan atau makanan berukuran kecil yang sangat baik untuk burayak ikan cupang dalam masa pembesaran. Artemia memiliki nutrisi yang tinggi, serta ukurannya yang kecil sehingga mudah bagi burayak untuk memakannya.
artemia supreme plus

Cara pemberian pakan menggunakan artemia sendiri membutuhkan proses kurang lebih 24jam menggunakan aerator untuk penetasannya sehingga menghasilkan naupli(baby artemia).



Itulah 3 Rekomendasi Makanan Ikan Cupang Hias yang bisa digunakan untuk pakan alami ikan cupang hias serta mudah untuk didapat dan digunakan.

Posting Komentar untuk "3 Rekomendasi Makanan Ikan Cupang Hias"