Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melamar Kerja Via Email

cara lamar kerja lewat email
Foto oleh Miguel Á. Padriñán dari Pexels

 Cara Melamar Kerja Via Email. Halo sobat jobseeker, semoga terus semangat ya dan jangan mudah menyerah dalam mencari kerja online. Pada kesempatan kali ini saya mau sharing mengenai tips Cara melamar kerja via email yang baik. 

Siapkan Berkas Sesuai dengan Posisi yang dilamar dan diminta

Kalian perlu siapkan berkas-berkas yang dibutuhkan sesuai dengan persayaratan perekrut. Kalian juga perlu perhatikan format apa yang diminta. Biasanya dokumen yang diminta dalam bentuk pdf. Apabila diminta secara lengkap seperti CV, Kartu Identitas, dan dokumen lainnya sebaiknya kalian jadikan satu dalam bentuk Zip atau Rar.

Note : untuk nama file dokumen sebaiknya dibuat sesuai dengan jenis dokumennya dan tambahkan nama serta posisi yang kalian lamar. Contoh : CV_Catatan Sopandi_IT Support, ID_Catatan Sopandi, Sertifikat IT_Catatan Sopandi.

Untuk file zip/rarnya sebaiknya dirubah juga. Contoh : Curriculum Vitae_Catatan Sopandi_IT Support

Kalian bisa mengirimkan dokumen sesuai dengan yang dibutuhkan saja. Biasanya untuk melamar kerja online via email cukup dengan mengirimkan CV. Ketika ada panggilan Interview atau Psikotest baru kalian diminta untuk membawa berkas lengkapnya.

Lalu yang perlu kalian perhatikan juga yaitu ukuran dokumen. Pastikan untuk ukuran dari masing-masing dokumen dibawah 1MB. Hal ini biasanya setiap perusahaan membatasi email yang masuk untuk setiap dokumen diatas 5MB. Selain itu dokumen yang kecil dapat mempercepat proses dalam pengunduhannya.

Draft Format Email dan Penulisannya

Setelah kalian menyiapkan berkas dalam bentuk pdf atau zip. Selanjutnya komposisi email agar terlihat profesional.
contoh lamaran kerja via email
Contoh Penulisan Email Lamaran Kerja
Pada gambar diatas bisa dilihat contoh penulisan email untuk melamar kerja lewat email. Perhatian bagian Subjek kalian bisa isi dengan Posisi yang kalian lamar. Atau sesuai dengan yang diminta oleh perekrut. Biasanya ada kode posisi untuk memudahkan HRD memfilter lamaran yang masuk.

Lalu untuk pembuka kalian bisa menambahkan seperti berikut
Kepada Yth, Kepala Bagian Personalia atau HR PT. xxxxx di Tempat,
Selanjutnya kalian bisa meberikan informasi pembuka seperti info lamaran yang kalian dapatkan dan posisi yang akan dilamar.

Lalu kalian bisa memberikan informasi data diri.

Bagian penutup bisa kalian lihat seperti pada gambar diatas. Selanjutnya kalian tinggal unggah dokumen yang diperlukan dan mengisi alamat email penerima.

Note : Sebaiknya gunakan email dengan nama yang sesuai dengan diri kalian seperti contoh : catatansopandi@gmail.com catatansopandi12@yahoo.com catatan.sopandi@gmail.com.

Selanjutnya kalian juga bisa menambahkan signature atau tanda tangan online kalian.

Waktu Pengiriman Email

Yupz, meskipun pengiriman email lamaran kerja online bisa dilakukan kapanpun kalian juga perlu mempertimbangkan waktu pengiriman email. Waktu terbaik untuk mengirim lamaran kerja lewat email yaitu jam 08:00 sampai dengan jam15:00 di hari kerja.

Dengan begitu email kalian berkesempatan dibaca oleh perekrut lebih besar. Lain cerita apabila memang perekrut memberikan keterangan batas kirim email di waktu tertentu.

Itulah cara melamar kerja via email yang benar. Silakan dicoba dan semoga kalian segera mendapatkan pekerjaan.

Jika kalian punya tips lainnya yuk tinggalin di komentar biar para jobseeker dapat informasi yang lebih lengkap mengenai cara mengirim email lamaran kerja lewat email.

Posting Komentar untuk "Cara Melamar Kerja Via Email"